Sunday

ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purpura)

ditulis oleh Dr. Imran Nito, SpPD

ITP (Idiopathic Thrombocytopenic Purupura) adalah suatu kelainan pada sel pembekuan darah yakni trombosit yang jumlahnya menurun sehingga menimbulkan perdarahan. Perdarahan yang terjadi umumnya pada kulit berupa bintik merah hingga ruam kebiruan.
Penyebab dari ITP ini tidak diketahui secara pasti, mekanisme yang terjadi melalui pembentukan antibodi yang menyerang sel trombosit, sehingga sel trombosit mati.

ITP terbagi dua yakni akut ITP dan kronik ITP.Batasan yang dipakai adalah waktu jika dibawah 6 bulan disebut akut ITP dan diatas 6 bulan disebut kronik ITP. Akut ITP sering terjadi pada anak-anak sedangkan kronik ITP sering terjadi pada dewasa.
Diagnosis ITP adalah pada pemeriksaan terdapat perdarahan di kulit bahkan mimisan dan pada laboratorium jumlah trombosit menurun dan pada pemeriksaan BMP (bone marrow puncture) terdapat sel megakariosit.

Pengobatan ITP umumnya tidak memerlukan pengobatan yang serius tetapi bila terjadi perdarahan dan jumlah trombosit menurun hingga dibawah 20.000/ul maka dianjurkan untuk transfusi trombosit. Pengobatan lain yang dapat diberikan adalah dengan pemberian kortikosteroid dan dihentikan obat ini bila sudah meningkat jumlah trombositnya.

Perhatian yang harus diingat pada penderita ITP adalah hindari obatan yang dapat meningkatkan perdarahan seperti aspirin, hindari benturan yang membuat luka.

11 comments:

suci sahar umraaty said...

saya seorang penderita ITP sejak kelas 2 SD ato 7 tahun, skrg umur saya sudah 20 thn, sya dah berulang kali masuk rumah sakit sampe g bisa hitung lagi.. awal-a saya diopname kelas 2 SD, trus pada kls 4 SD ditransfusi 2 kolf darah segar...kemudian penyakit itu g kambuh lagi. pada kelas 2 SMP Dya kembali kambuh, namun g perlu masuk RS hy dengan rawat jalan ja....
Selama SMA ITP itu g kambuh, n sy bisa beraktifitas padat di ekskul....

Namun pada akhir desember 2006 ITP itu dtang n lebih parah, trombosit cm 5.000. terjadi pendarahan Di BAB, gusi, dan hidung beserta becak merah dan kebiruan di kulit yg g bisa dihitung lagi... mgkin ratusan juta x ya...?

setelah itu, sy diopname lagi selang 8 bln keluar RS terakhir. n hal itu berlangsung selama 3 x utk fase 8 bln...terakhir sy masuk RS juni 2008..

menurut perkiraan saya jika fase 8 bln, maka februari 2009 deadline-a...namun pada akhir desember ini sudah menampakkan gjala ITP kambuh... tpt-a tgl 18 des 2008 kemarin sy mengalami pendarahan di gusi, namun blm begitu parah n pihak kluarga ugk blm tau...trus bercak merak n biru di kulit...sendi pegal2, n tulang rasa-a ngilu....

yg ingin sy tanya :
1. knp ITP itu kambuh-a g jelas, alias sukahati-a aja?

2. Apakah dengan fase 8 bulan sekali itu menunjukkan tingkat ITP yg saya derita itu semakin parah?

3. Knp sekarang fase-a dah 6 bulan dari fase yg semula 8bulan. apakah menunjukkan klo sistem kekebalan tubuh sy sudah tua, renta, n lapuk?

4. ada g dok yayasan ITP n terapi bagi penderita ITP tanpa harus konsumsi obat simala kama yg disebut " MethilPrednisolon"?

5. Ada g penderita ITP yg sembuh Total?

6. Apakah ITP itu setingkat denga Leukimia?

klo aja dokter tau rasa-a sakit ITP ne, duh g kebanyang deh dok,,,
saya dah troma berkali2 masuk RS, kena jarum suntik, yg blm ambil sampel sumsum belakang ja, n sy g mau...!!

thanx wat jawabannya...

b.e.c.k.y said...

mo nanggapin komen di atas:

saya juga penderita ITP, gak selama kamu.. tp puji Tuhan sudah hampir 1,5 tahun ini saya brenti konsumsi kortikosteroid tapi kondisi saya baik2 saja..

mungkin saya menemukan sedikit cara untuk mengakali si ITP bandel nian ini.. yaitu, menghindari stress yang berlebihan. pandai2 mengukur kemampuan tubuh, jika sudah terasa lelah, segera lah beristirahat. begitu timbul bintik2 pada kulit (kalau saya biasanya di kaki), itu berarti sudah mulai kambuh. tips ini lumayan membantu saya untuk mengakali agar ITP tidak begitu mengganggu kesehatan saya. dan hindai makanan yang mengandung pengawet, penyedap rasa, dll.

belum pernah BMP ya? jangan sampe deh ya, rasanya aduhai sekali. hahahaha..

keep on healthy, gurl..


xoxo,
becky

Haryo said...

Mbak Becky, BMP?...jangan sampe dech.

Mbak Suci, sudah konsul kemana aja?
Silakan gabung di milis komunitas_ITP@yahoogroups.com dengan kirimkan email ke komunitas_ITP-subscribe@yahoogroups.com. Sudah ada sekitar 20an orang jadi anggotanya. Blogspot ini adalah satu kesatuan dengan milis tersebut.

salam,
Haryo
moderator milis komunitas_itp

wie said...

saya penderita ltp yang sudah hampir 2bln, sempat di rawat 2 minggu dengan dugaan awal DBD... selang beberapa hari saya kembali cek-up ke rs berbeda karena curiga degan keadaan yang tak kunjung pulih.
akhirnya muncul dugaan ITP,, n setelah beberapa kali cek akhirnya dinyatakan positf ITP.

sudah hampir 1bln berobat jalan, tapi keadaan saya masih belum berubah,,

syukur Alhamdulillah saya tidak terjadi pendarahan serius, hanya mengalami gusi berdarah n mulai timbul bercak merah di kulit bagian dada.. walau begitu saya merasa khawatir jika terus dalam keaadan seprti ini, n cukup terganggu tuk menjalani aktifitas.

untuk itu....
buat siapapun yang memiliki pengalaman ataupun informasi untuk penanganan penyakit ini, mohon bantuannya.... Terimakasih.

send u'r answer to; "nawawy.rachman@yahoo.co.id"

gita said...

Saya menderita ITP pertama kali umur 3tahun dan saya kira sakit saya sudah sembuh tetapi tanggal 18 Juni 2010 saya masuk rumah sakit. Saya masuk rumah sakit umur 30tahun. Pertama muncul bercak di wajah saya trus saya cek ke lab ternyata trombosit saya 81.000 trus saya dibawa mama ke rumah sakit di Jakarta dan dicek trombosit saya tinggal 5.000. Cepat sekali turun padahal saya duduk di mobil perjalanan dari bogor ke jakarta. Saya langsung opname karena bercak di tangan,kaki, dan gusi saya keluar darah. Di Jakarta saya dirawat 2minggu diberi obat kortikosteroid. Hari jumat dokter sudah ijinkan keluar rumah sakit krena trombosit saya sudah 85.000 tetapi hari minggu saya masuk rumah sakit lagi karena muncul lagi bercak di kaki dan dites lab trombosit saya tinggal 9.000. Karena tidak puas dengan opsi dokter d jakarta saya dan suami mencari opsi dokter kedua di Singapur. Disana saya dirawat 2 minggu. Saya diberi obat Maphera 1x trus naik jd 64.000 tetapi keesokannya saya drop lagi. Akhirnya tanggal 12 Juli 2010 saya operasi angkat limpa dan menurut dokter itu seperti amandel yg dibuang gk berpengaruh apa2. Saya dioperasi karena lever/hati saya sudah sakit karena obat kortikosteroid dan saya sudah muntah.

Mas Supri Yanto said...

Coba gunakan 4Life Transfer Factor, baik sekali untuk penderita itp. 4Life Transfer Factor akan mendidik sel kekebalan tubuh untuk tidak menyerang trombosit didalam tubuh. :)

Info lebih lanjut:
------------------
Mas Supriyanto
08785 333 5533
atau
081 332 808585

ucok top said...

saya punya saudara yang menderita ITP tapi karena pemahaman yang kurang dia sampai mengalai pendarahan pada saraf pusat, setelah opname sekarang dia jadi lumpuh dan buta.
yang mau saya tanya adalah :
1. mungkinkah lumpuh dan butanya sembuh total ?
2. bagaimana dan dimana pengobatan sebaiknya dilakukan untuk mempercepat kesembuhannya

4Life Indonesia Bmasin said...

Pemberian Transfer Factor mampu memperbaiki sistem imun krn ITP peny autoimun. Mau info lebih lanjut ttg pengaruh Transfer Factor thd sistem imun, bisa hub. Saya di 05116131663 atau facebook : fourlife Banjarmasin, twitter @4Life_Bmasin atau @drrudirafisa.

neng kania said...

Pingin dong tau ttg km units ITP

neng kania said...

Pingin dong tau ttg km units ITP

Rin Yoshiro said...

Dokter, saya kena ITP saat SMP kelas 3(15thn). Trombosit turun sampai 3000 dan Hb cuma 4. Setelah perawatan inap + rawat jalan selama lebih dari sebulan alhamdulillah ITP-nya nggak kambuh lagi.

Tapi sejak saat itu saya sering kena anemia dan suka muncul lebam-lebam biru sama bintik merah kaya orang DBD, biasanya di kaki. Yang mau saya tanyakan dok, apakah penderita ITP bisa sembuh total? Lalu apakah yang anemia dan lebam-lebam serta bintik-bintiknya itu masih berhubungan dengan ITP yang dulu? Terimakasih.

Terimakasih atas perhatiannya.